Hadirkan 43 PTKIN Se-Indonesia, Fasya IAIN Kendari Gelar Implementasi MBKM

Fasya_IAIN Kendari, Fakultas Syariah berhasil menghadirkan 43 PTKIN Se-Indonesia di Kendari. Pertemuan yang menghadirkan Gubernur, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Walikota Kendari, Rektor IAIN Kendari, Para Dekan FSH PTKIN Se-Indonesia beserta Para Kaprodi lingkup PTKIN ini terlaksana dengan dinamis. Kegiatan ini diinisiasi oleh Fakultas Syariah IAIN Kendari yang diselenggarakan tanggal 5-7 Juli 2022, berakhir hingga menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H di Hotel Claro Kendari.

Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kali ini tidak lagi berbicara pada tataran konsep, namun lebih kepada praktik implementasi MBKM. Hal ini dibuktikan dengan dihadirkannya para pihak yang terlibat langsung dalam implementasi MBKM meliputi, para Dekan, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Para Ketua Program Studi Se Indonesia. Turun juga hadir Dr. Harris Simarmare yang merupakan admin pusat pertamauin.id yang sekaligus sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut.

Salah satu poin yang disepakati adalah implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk pertukaran pelajar. Program Pertukaran Pelajar ini adalah salah satu bentuk dari 8 bentuk MBKM diantaranya : Pertukaran pelajar, Magang (praktik kerja), penelitian (riset), proyek kemanusiaan, kegiatan kewirausahaan, studi atau proyek independen dan membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik. Langkah awal yang dilakukan Fakultas Syariah IAIN Kendari dalam program pertukaran pelajar adalah dengan mengumpulkan matakuliah seluruh Program Studi di Fakultas Syariah dan Hukum yang hendak di MBKMkan kemudian di Input ke dalam sistem aplikasi Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (PERMATA) UIN. Penentuan matakuliah berdasarkan pedoman yang telah disepakati bersama, diantaranya : Maksimal 20sks persemesternya dan Matakuliah MBKM yang berada pada semester 5 atau 6. Hal ini bertujuan agar matakuliah kompetensi utama program studi masing-masing sudah terpenuhi di semester awal 1-4.

Dalam kegiatan MBKM tersebut, para Dekan, Wadek dan Kaprodi mendapatkan penjelasan tentang panduan MBKM oleh Dr. Umiarso dan Tehnis penginputan matakuliah di pertamauin.id oleh admin pertamauin Dr. Harris Simaremare dari UIN Suska Riau. Saat ini, seluruh matakuliah FSH Se Indonesia yang hendak di MBKM sudah berhasil terinput di aplikasi permatauin.id. Hari kedua para Dekan, Wadek dan Kaprodi FSH Se Indonesia mendapat jamuan dari DPRD Sultra dan Walikota kendari, Hal ini memperkuat silaturrahmi dan hubungan antara kebijakan pemerintah daerah dan program MBKM yang akan dilaksanakan FSH Se Indonesia.