Kunjungi Kemenag, Fasya Jelaskan Kenapa Fakultas Syariah Menjadi Pilihan Utama

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe Utara, Drs. Muh. Yusuf, M.M, menandatangani perjanjian kerjasama antara Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dengan Kemenag Konut, Senin (07/02/2022). Acara yang digelar di aula Kemenag Konut itu juga dihadiri para penghulu dan penyuluh lingkup Konawe Utara.

Kepala Kemenag Konut, Drs. Muh. Yusuf, M.M, menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Dirinya berkomitmen untuk terus membangun kerjasama antar lembaga perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Lebih lanjut orang nomor satu di jajaran Kemenag Konut menjelaskan, Ini merupakan kerjasama pertama kalinya Kemenag dengan Perguruan Tinggi.

Ini yang pertama kalinya. Sangat tepat kami melakukan kerjasama dengan Fakultas Syariah, akan sangat linear bila semua penyuluh kita bergelar Magister Hukum Islam” Pungkasnya

Mereka para penyuluh ini corong masyarakat, sangat baik jika memiliki dasar pendidikan berbasis Hukum Islam” Lanjutnya

Sementara Dekan Fakultas Syariah Dr. Hj. Ipandang, M.Ag dalam sambutannya berterima kasih kepada pihak Kemenag Konut yang telah menerima kedatangannya dengan sangat baik. Dirinya juga menjelaskan maksud dan tujuan kerjasama yang akan dibangun bersama Kemenag Konut. Ipandang berharap, dengan adanya kerjasama antara Kemenag dan Fakultas Syariah, dapat memberikan kemudahan bagi para penghulu dan penyuluh memiliki kompetensi linear.

Sesuai kompetensi, Fakultas Syariah merupakan tempat yang sesuai untuk para penghulu dan penyuluh dalam pengembangan karir” jelas Ipandang.

Di akhir pertemuan, ditutup dengan penjelasan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Dr. Andi Yaqub terkait tehnis dan alur pendaftaran di Fakultas Syariah IAIN Kendari. Dekan 1 Bidang Akademik mengawali penjelasan terkait jenjang karir para penghulu dan penyuluh.

Baik penghulu maupun penyuluh memiliki jenjang karir, dan jenjang karirnya bapak ibu sekalian itu harus memenuhi kualifikasi pendidikan, naik ke jabatan Fungsional, harus linear dengan rumpun keilmuan, salah satu yang menjadi bobot yaitu kualifikasi yang sesuai dengan karir” Jelas Yaqub.

Kenapa Fakultas Syariah? Karena Salah-satunya yang dapat melahirkan profesi adalah Fakultas Syariah. Tambahnya.