KJM dan GJM Fakultas Syariah menjadi TIM Penyusun Pedoman Mutu Se-Sulawesi Tenggara

Sebagai upaya dalam peningkatan mutu lembaga, KJM dan GJM Fakultas Syariah mengikuti kegiatan mainstreaming dan sosialisasi mutu, kolaborasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu Se-Sulawesi Tenggara yang diadakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kendari. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, dimulai tanggal 04 Juli 2021 s/d 06 Juli 2021. Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan para perwakilan LPM Se-Sulawesi Tenggara yakni LPM Universitas Sebelah November, LPM Universitas Mandala Waluya, LPM Universitas Sulawesi Tenggara, LPM Universitas Haluoleo, LPM Universitas Muhammadiyah Buton, LPM Universitas Lakidende, LPM Sekolah Tinggi Hindu (STH) Batara Guru dan LPM Universitas Nahdhatul Ulama Sulawesi Tenggara.

Kegiatan Mainsteaming dan sosialisasi mutu ini diawali dengan sambutan oleh Ketua LPM IAIN Kendari Dr. Asliah Zainal. dalam sambutannya beliau memberi arahan kepada TIM penyusun Pedoman Mutu;
Siklus mutu dapat berjalan dengan baik dan terarah dengan mengundang para KJM, GJM dan LPM dari berbagai Universitas yang ada di Sulawesi Tenggara untuk sama-sama berkomitmen dalam meningkatkan mutu di Fakultas/Lembaga masing-masing” Ungkap beliau.

Selanjutnya kegiatan Mainstreaming dan Sosialisasi Mutu ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, yang sekaligus menjadi pemateri pertama dengan tema “Kebijakan Mutu Akademik IAIN Kendari”.
Warek 1 menyampaikan bahwa sadar mutu sangat penting karena dengan mutu, publik akan melirik keberadaan Perguruan Tinggi, untuk itu pedoman mutu harusnya dilakukan secara kontinyu agar dapat mengukur kendala serta mencari solusi permasalahannya”

Materi selanjutnya, sosialisasi pedoman yang telah dibuat oleh LPM selama periode 2019-2021. Selama periode tersebut, ada 30 Pedoman yang telah dibuat oleh LPM. Pada Tahun 2019 berjumlah 11 Pedoman dan Tahun 2020 berjumlah 19 Pedoman dari hasil kolaborasi LPM Se-PTKI Seluruh Indonesia. Pada tahun 2021 ini, ada 6 Pedoman sementara berjalan dan dilakukan mainstreaming pedoman mutu. Dalam menyusun pedoman mutu tersebut, LPM melibatkan KJM dan GJM setiap Unit Fakultas sebagai TIM penyusun serta LPM Se-Sulawesi Tenggara, demi menciptakan pedoman yang berkualitas dan terarah.

Hari kedua, diawali dengan presentasi Draft pedoman mutu 2021 oleh TIM Penyusun, Adapun pedoman mutu yang dipaparkan pada sesi pertama yaitu: 1. Pedoman bimbingan minat, bakat dan bimbingan karier mahasiswa, 2. Pedoman Pemahaman dan Evaluasi Visi Misi, 3. Pedoman Penerimaan Dosen Tidak Tetap dan pada sesi kedua yaitu : 1. Pedoman Penasehat Akademik, 2. Pedoman Mutu Pelaksanaan dan Implementasi Kerjasama, 3. Pedoman Survei Kepuasan Pengguna.

Dihari ketiga materi penguatan tugas dan fungsi KJM dan GJM serta Induksi SPMI, berbagai pernyataan, pertanyaan, saran dan masukan dari KJM dan GJM untuk pengembangan lembaga dan LPM berkomitmen akan membahas masukan dari KJM dan GJM dalam Raker kerja tahun 2021 yang akan diadakan di Hotel Claro Rabu 07 Juli 2021.

Share this...
Share on Facebook
Facebook