Utamakan Kualitas, PPL Mahasiswa Fak. Syariah Tahun 2021 Jangkau Luar Daerah Kota Kendari

Fasya, IAIN Kendari – Sebanyak 158 Mahasiwa Fakultas Syariah IAIN Kendari mengikuti kegiatan pembekalan PPL yang dilaksanakan di Hotel Azizah dengan mengikuti Protokol Kesehatan [09/01/2021]. Berbeda pada tahun sebelumnya, PPL tahun ini tidak hanya dilaksanakan di dalam kota kendari saja, Namun sebagian lainnya Mahasiswa disebar di luar daerah kota kendari. Adapun lokasi-lokasi PPL Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kendari Tahun 2021 : Kanwil Kemenkumham, PA Kendari, MIA Law Firm, PTUN, Kantor Notaris PPAT Sudirman, S.H., M.Kn,  PN Kota Kendari, Kakanwil Kemenag Bid Urais, Polda Sultra, Kantor Notaris PPAT Muh, Farid, S.H., M.Kn, PA Raha, PN Raha, PA Unaaha, PN Unaaha, PA Andoolo, PN Andoolo, PA Bau-Bau, PN Bau-Bau, PA Kolaka dan PN Kolaka.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Hj. Ipandang M,Ag, mengawali sambutannya dengan menyampaikan bahwa PPL dengan menjangkau luar daerah kota kendari ini yang pertama kalinya, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Mahasiswa/i Syariah, Sehingga diharapkan mampu dilaksanakan dengan baik sebagai salah satu program akademik yang harus dilalui untuk mendapatkan gelar SH dengan jumlah 4 SKS.

Sambutan Dekan Fakultas Syariah Dr. Hj. Ipandang, M.Ag

PPL dengan meluangkan semua pengalaman dan pengatahuan yang didapatkan dibangku kuliah, lalu dipraktikkan dilapangan nantinya”. Harapnya.

Dekan Syariah juga berpesan agar para Mahasiswa dapat menjaga almamater IAIN Kendari serta mengangkat derajat IAIN di lokasi PPL.

Kegiatan PPL ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Kendari, Prof, Dr. Faizah Binti Awad, M,Pd Sekaligus memaparkan materi disesi pertama. dalam membuka kegiatan PPL Fak. Syariah, Rektor mengapresiasi kepada seluruh pihak karena telah melaksanakan salah satu Program Akademik IAIN Kendari.

Ini merupakan langkah awal untuk menjadi pilar-pilar bangsa dan agama” ungkapnya.

Rektor IAIN Kendari melanjutkan materinya dengan Tema “Pendidikan tinggi dan kerjasama strategis kelembagaan dalam membangun etos kerja mahasiswa melalui PPL”, dalam pemaparannya beliau merinci terkait strategi pendidikan tinggi.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd membuka kegiatan sekaligus Narasumber pada Pembekalan PPL Mahasiswa Fakultas Syariah 2021

Ada beberapa poin penting strategi pendidikan tinggi, 3 diantaranya adalah Development Quality (pengembangan Mutu), Partnership, Network, Colaboration dan Brending” paparnya.

Rektor IAIN kendari juga menjelaskan Strategi IAIN Kendari, dalam melakukan MoU dengan berbagai Instansi dalam dan luar kota kendari. Bagaimana bersikap posisif dalam membangun etos kerja serta motivasi etos kerja. Diakhir materi beliau menitip harap para mahasiwa dapat menciptakan rasa aman di lokasi PPL, tidak malah justru sebaliknya.

Materi selanjutnya Drs. Muhammad Ikbal Amin, M.H, Hakim yang juga merupakan Dosen Luar Biasa (Praktisi) Fakultas Syariah ini mengawali materi dengan lebih dulu memperkenalkan perbedaan pengadilan dan peradilan, macam-macam dan fungsi lembaga peradilan, penunjukan majelis hakim oleh ketua pengadilan sampai proses jalannya sidang serta macam-macam alat bukti dibahas tuntas oleh beliau. penyampain secara detail ini diharapkan mahasiswa mampu mengenal rutinitas di sebuah lembaga peradilan.

Hakim Drs. Muhammad Ikbal Amin, M.H sedang memaparkan materi pada Mahasiswa PPL 2021

Kegiatan sesi kedua dilanjutkan setelah Ishoma, para mahasiswa PPL dibekali dengan materi “Budaya dan semangat kerja dalam menumbuhkan tanggung jawab dan profesionalitas”. Materi kali ini dijelaskan langsung oleh Kepala Divisi Permasyarakatan Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Drs. KH Muslim, M.Si. Beliau yang juga Ketua Organisasi NU Sultra ini mencoba mengintegrasikan antara Etos Kerja dan Ibadah (Pahala), diawali beliau menekankan Niat sebagai langkah awal dalam menumbuhkan Etos kerja yang baik.

Drs. KH. Muslim, M.Si (Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Prov. Sulawesi Tenggara) sedang memaparkan materi

Manusia unggul (Profesional) itu adalah mereka yang bekerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntas” terangnya

Diakhir materi beliau berpesan kepada mahasiswa agar sedapat mungkin memanfaatkan masa sekarang, guna masa depan yang lebih cerah.

Selanjutnya Mahasiswa PPL juga dibekali Tehnik penyusunan laporan PPL tahun 2021 Fakultas Syariah IAIN Kendari. Materi kali ini dijelaskan oleh Wadek I Fakultas Syariah bidang Akademik, Bapak Dr. Andi Yaqub, M.HI.

Wadek I Bidang Akademik Fakultas Syariah Dr. Andi Yaqub, M.HI sedang memaparkan materi

Dalam paparannya beliau secara bertahap membahas tuntas Outline Laporan PPL Tahun 2021 mulai dari pendahuluan sampai pada kesimpulan.

Jadilah manusia yang baik, kalau anda tidak bisa menjadi orang baik, paling tidak jangan menambah banyaknya orang jahat”. Harapnya

“Jika ada hal-hal yang kurang dipahami, segera koordinasikan kepada dosen pembimbing dan pengelola”. Tambahnya

Kegiatan berakhir pada pukul 16.15, dari panitia menyampaikan selamat bertugas dan semoga bisa membanggakan kampus tercinta IAIN Kendari di Lokasi masing-masing. Sekian.

Rektor IAIN Kendari mamasangkan atribut kepada Mahasiswa/i PPL Tahun 2021

Share this...
Share on Facebook
Facebook