BPTQ, Nama baru Rumah Qur’an Fakultas Syariah IAIN Kendari

  • Cover-1
  • Cover-1-1
  • Cover-2
  • Cover-Dobel
  • DD

syariah.iainkendari.ac.id KENDARI – Rumah Qur’an Fakultas Syarih adalah lembaga non struktural yang bernaung di bawah Fakultas Syariah IAIN Kendari kini bertranformasi menjadi Badan Pembinaan Tilawatil Qur’an (BPTQ). Pemberian nama baru ini merujuk pada Keputusan Dekan Fakultas Syariah IAIN Kendari Nomor 032 Tahun 2019 tentang Pembentukan BPTQ. Mengusung nama baru dan model pembinaan yang lebih tertata, inovatif dan modern guna menjawab perkembangan zaman.

BPTQ berusaha untuk menjawab kebutuhan mahasiswa Fakultas Syariah akan Ilmu-illmu al-Qur’an dan seni Religi. Hal ini diperkuat dengan jumlah pembinaan di BPTQ yang beragam, ada enam bidang pembinaan yang disediakan BPTQ untuk mahasiswa Fakultas Syariah, diantaranya bidang (1) Bidang Tahsin, Tahfidz dan Tilawah al-Qur’an, (2) Bidang Tahsinul Kitabah dan Kaligrafi, (3) Bidang Qiroatul Kutub, (4) Bidang Fahmil Qur’an dan Karya Tulis Ilmiah al-Qur’an, (5) Bidang Syarhil Qur’an dan Ceramah dan yang terkahir adalah (6) Bidang Seni Religi.

Dengan banyaknya pilihan peminatan pembinaan pada BPTQ ini diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan mahasiswa terhadap isi kandungan Al-Qur’an yang kemudian dapat mengaktualisasikan nilai‐nilai al-Qur’an dalam kehidupan kdemik kampus.

Dr. Hj. Ipandang, M.Ag (17/10/2019) selaku Dekan Fakultas Syariah IAIN Kendari meyampaikan bahwa “terbentuknya BPTQ sangat membantu fakultas dalam pembinaan minat bakat bakat mahasiswa yang mungkin selama ini tidak terdeteksi oleh fakultas, yang perlu kita jaga sekarang ini bagaiamana supaya pembinaan di BPTQ ini berjalan secara beseninambungan, karena setiap ada permintaan dari yang sifatnya musbaqah (perlombaan) ataupun yang sifatnya pengabdian kepada masyarakat. Dan yang perlu dicatat bahwa pembinaan BPTQ ini dibutuhkan keikhlasan, karena tanpa keikhlasan pembinaan ini tidak akan berjalan dengan baik”.

Share this...
Share on Facebook
Facebook

You may also like...

Skip to toolbar