Fakultas Syariah Pionir Ujian Komprehensif Berbasis CBT (Computer Based Test)

syariah.iainkendari.ac.id, KENDARI – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengadakan Ujian Komprehensif Berbasis CBT (Computer Based Test).  Ini adalah Ujian Komprehensif pertama yang dilakukan di IAIN Kendari dengan menggunakan CBT. Ujian ini dilaksanakan selama dua hari, Senin s.d Selasa, 22-23 Juli 2019. Dalam kesempatan ini hadir Wakil Rektor 1 Bapak Dr.Husain Insawan, M.Ag dan Dekan Fakultas Syariah Dr. Ipandang, M.Ag yang didampingi oleh Drs. Musdin, M.Pd, Kepala Bagian Tata Usaha dan Elvisnawati, S.IP, M.M, Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan serta beberapa staff di lingkungan Akademik Fakultas Syariah IAIN Kendari.

Dalam kesempatan yang sama Ibu Ipandang menyampaikan bahwa “Tujuan diadakannya ujian komprehensif berbasis CBT ini adalah untuk meningkatkan kualitas minat baca mahasiswa dan dorongan untuk terus belajar dan belajar, ujian berbasis CBT ini juga bisa menambah pengalaman mahasiswa, apalagi sekarang tes CPNS sudah menggunakan CBT dalam sistem CAT.”

Selain itu, ada banyak kelebihan yang didapatkan dari penggunaan CBT dalam ujian ini. Pertama, memiliki integritas yang tinggi, karena CBT menggunakan sistem soal yang diacak (di-random) sehingga memungkinkan jumlah paket soal yang banyak. Kedua, mudah, peserta bisa langsung mengerjakan soal ujiannya dengan memasukan username dan password dan memilih jadwal ujian yang tersedia. Ketiga, cepat, hasil pekerjaan peserta bisa langsung diketahui tingkat akurat dan terpercaya yang tinggi. Keempat, paperless, dengan CBT penggunaan kertas sangat berkurang, dengan demikian kita dapat mengurangi limbah kertas.

Fakultas Syariah/Finsa Adhi Pratama