83 Persen Dosen Fakultas Syariah Sudah Menggunakan Absen Online

Salah satu upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas, IAIN Kendari telah menyediakan fasilitas daftar hadir online dan monitoring perkuliahan online. Fasilitas ini dapat digunakan oleh para dosen dengan mengakses aplikasi sistem akademik  (SIA) IAIN Kendari. Para dosen sendiri sudah memiliki akun default sehingga mereka sudah dapat login di SIA tersebut.

Untuk Fakultas Syariah IAIN Kendari sudah sebagian besar dosen menggunakannya. Pada semester genap tahun 2017 ini dari 23 dosen yang mengajar ada 19 orang menggunakan absen online dan mengisi  format monitoring perkuliahan. Pada semester berikutnya diharapkan seluruh dosen sudah menggunakannya.

Dalam rapat evaluasi akademik Fakultas Syariah tanggal 16 Agustus 2018, penggunaan absen online dan monitoring online menjadi salah satu poin pembahasan untuk dievaluasi. Mengapa penggunaan absen dan monitoring perkuliahan ini penting? Setidaknya minimal ada 3 manfaat yang diperoleh dengan menggunakan teknologi ini:

Pertama, absensi dan monitoring online dapat mengurangi biaya penggunaan kertas. Di era digital ini, penggunaan kertas semakin berkurang karena semuanya telah dilakukan secara digital.  Selama ini penggunaan kertas cukup memakan biaya yang tidak sedikit. Maka untuk mengatasi pemborosan biaya, dengan cara online dosen hanya membutuhkan smarthphone atau notebook untuk mencatat absensi.

Kedua, absensi online  dan monitoring dapat mengurangi potensi kecurangan yang dilakukan oleh mahasiswa. Data yang didapat melalui absensi online akan diolah secara langsung atau realtime sehingga hasilnya akan akurat. Tentu saja hal ini akan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap data absensinya. Selain itu dengan menggunakan absensi online akan mengurangi potensi kecurangan titip absen.

Ketiga, absensi online dan monitoring perkuliahan online dapat mempermudah analisa dan evaluasi proses belajar mahasiswa. Data realtime yang didapat melalui absensi online akan memberikan manfaat bagi dosen  untuk melakukan evaluasi dan menganalisa proses belajar mahasiswa. Dengan menggunakan absensi online, data kehadiran mahasiswa akan langsung tersimpan didalam database sistem, sehingga pengelola akademik tidak perlu melakukan rekap absensi mahasiswa yang tidak hadir di kelas. Data kehadiran ini dapat dijadikan salah satu unsur  penilaian mahasiswa.

Manfaat penggunaan absen dan monitoring perkuliahan seperti tersebut diharapkan dapat membantu kinerja Fakultas Syariah dan Institusi dalam rangka membangun sistem dan budaya akademik yang moderen dan mutakhir.

Share this...
Share on Facebook
Facebook

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar