Fakultas Syariah IAIN Kendari adakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas

Fakultas Syariah IAIN Kendari bekerjasama dengan UPTP Balai Peningkatan Produktivitas Kendari Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemeterian Ketenagakerjaan R.I. menyelenggarakan  Pelatihan Peningkatan Produktivitas Paket I. Pelatihan yang diikuti 30 peserta ini mulai berlangsung hari ini tanggl 16 April 2018 dan akan berlangsing sampai tanggal 20 April 2018.

Pelatihan Paket I ini akan membekali peserta dengan Konsep 5S. Pada dasarnya, pelatihan 5S ini merupakan pelatihan untuk mengadakan pemilahan di tempat kerja, mengadakan penataan, pembersihan, memelihara kondisi yang mantap dan memelihara kebiasaan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik. Nama 5S berasal dari huruf pertama istilah Jepang, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke, yang menjadi semboyannya. Karena istilah ini mungkin sukar diingat oleh orang non-Jepang, maka diterjemahkan menjadi Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin.

Training 5R memperlengkapi peserta dengan ketrampilan dan pemahaman melalui pendekatan mengenai tahapan penerapan 5R secara umum, yaitu dengan cara mengidentifikasi tempat kerja mana saja yang akan dilakukan perbaikan

Beberapa hal yang dihasilkan dari penerapan 5R, antara lain:

Seiri : Ringkas

Organisasi dapat mengatur segala sesuatu, memilah sesuatu dengan aturan atau prinsip tertentu. Membedakan yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan, mengambil keputusan yang tegas dan menerapkan manajemen stratifikasi untuk membuang yang tidak diperlukan.

Seiton : Rapi
Organisasi dapat menyimpan barang di tempat yang tepat atau dalam tata letak yang benar sehingga dapat dipergunakan dalam keadaan mendadak. Ini berguna untuk menghilangkan proses pencarian. Jika segala sesuatu di simpan di tempatnya, maka tempat kerja menjadi rapi.

Seiso : Resik
Organisasi dapat membersihkan barang – barang dari kotoran atau tempat kerja dari barang – barang yang tidak diperlukan

Seiketsu : Rawat
Organisasi dapat memelihara barang – barang atau tempat kerja agar teratur, rapi dan bersih, termasuk pada aspek personal dan kaitannya dengan polusi / limbah pabrik

Shitsuke : Rajin
Orgainsasi memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan cara yang benar sebagai suatu kebiasaan.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini agar peserta dapat menerapkan di lingkungan kerja masing-masing.

 

Share this...
Share on Facebook
Facebook

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar