Skip to toolbar

Focus Group Discussion ATS, ETS & CBC pada Prodi HES/Muamalah

FGD & Laporan Hasil Kegiatan Partisipasi pada ATS, ETS & CBC Mahasiswa Prodi HES/Muamalah

Kendari, Upaya peningkatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia di lingkup IAIN Kendari, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah/ Muamalah Fakultas Syariah mengutus mahasiswa (Indah Dwi Lestari) pada kegiatan yang diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari mengenai Sosialisasi Instrument Arabic Test for Student (ATS) dan Instrument English Test for Student (ATS) pada tanggal 30-31 Oktober 2019. Keikutsertaan mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah sebagai bentuk partisipasi aktif guna menumbuhkan kesadaran, meningkatkan kemampuan, penguasaan kebahasaan mahasiswa berwacana studi Islam dan sains. Selanjutnya pada 22-24 November 2019, 5 (lima) mahasiswa utusan Prodi HES/Muamalah (Muh. Abdullah Tamsir, Asep Harianto, Kahfi Nur Uyun, La Riksan, Firano Febrianti) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Karakter Mahasiswa IAIN Kendari Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh (Character Building Center).

Wujud tindak lanjut atas keikutsertaan pada kegiatan ATS, ETS, dan CBC maka Prodi HES/Muamalah melaksanakan sosialisasi kepada seluruh mahasiswa melalui Focus Group Discussion dengan menjadikan para utusan Prodi sebagai presenter untuk berbagi materi dan pengalaman ketika mengikuti kegiatan ATS, ETS, dan CBC.

Pada kegiatan FGD secara bergantian presenter menyajikan materi dan pengalaman yang telah mereka dapatkan ketika mengikuti kegiatan ATS, ETS, dan CBC. Adapun materi yang dipresentasikan meliputi Test of English as a Foreign Language (TOEFL), Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL), Wawasan Kebangsaan, Relasi Diri dengan Tuhan, Relasi Diri dengan Orang Lain, Relasi Diri dengan Sosial, Relasi Diri dengan Diri Sendiri. Kemudian peserta forum mendiskusikan beberpa isu kekinian dan keterkaitan meteri dengan indikator keterampilan utama maupun tambahan mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah.

Dr. Hj. Ipandang, M.Ag. selaku dekan Fakultas Syariah mengapresiasi kegitan Prodi yang dapat berimplikasi terhadap peningkatan pemahaman keilmuaan dan penguasaan keterampilan, terlebih kegiatan tersebut terdapat beberapa submateri yang didiskusikan memuat topik-topik penting di antaranya deradikalisasi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Capaian kegiatan diharapkan menjadi bagian dari upaya menyukseskan proses transformasi IAIN Kendari menjadi universitas terkemuka.

(MUA)
Share this...
Share on Facebook
Facebook

Hukum Ekonomi Syariah Muamalah

Pogram Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Kendari

You may also like...

WhatsApp chat